13/04/11

Somalia Minta Indonesia Gunakan Aksi Militer

Duta Besar Somalia untuk Indonesia Mohamud Olow Barow memberi kesempatan bagi pemerintah untuk menggunakan kekuatan militer dalam membebaskan 20 anak buah kapal (ABK) MV Sinar Kudus yang disandera perompak Somalia.

Duta Besar Somalia mengharapkan Pemerintah Indonesia melakukan aksi militer terhadap perompak. Pemerintah Somalia berharap banyak dari Indonesia untuk dapat membantu Somalia menyelesaikan masalah terkait aksi perompak yang menguasai sejumlah wilayah perairan Somalia.

Duta Besar Somalia mengungkapkan bahwa angkatan lautnya saat ini sangat lemah karena perang saudara yang berlangsung di sana dalam jangka waktu cukup lama. Karena itu, mereka tidak mampu melindungi pantainya yang paling luas di wilayah Afrika.

Duta Besar Somalia menyarankan Pemerintah Indonesia tidak bernegosiasi atau membayar uang tebusan seperti yang diminta para pembajak laut. Dilain pihak, Kopassus siap jika Pemerintah Indonesia meminta menggunakan aksi militer.

Pihak Somalia, mencontohkan negara lain, seperti India, Malaysia, dan Korea Selatan yang berhasil membebaskan warganya dari sandera karena bertindak tegas.

MV Sinar Kudur milik PT Samudera Indonesia Tbk dibajak di Semenanjung Somalia dalam perjalanan dari Pomalaa, Sulawesi Tenggara, menuju Rotterdam, Belanda. Para perompak Somalia mengambil alih kapal yang membawa bijih nikel dengan 20 awaknya tersebut pada pertengahan 16 Maret 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar